Jenis Plastik

on Sabtu, 28 Mei 2011

JENIS PLASTIK BERDASARKAN NOMOR RECYCLE

No

NAMA

PENJELASAN

CONTOH

1

PTE (Polyethylene Terephthalate)

Polimer jernih dan kuat dengan sifat-sifat penahan gas dan kelembaban dengan kemampuan menahan Karbon Dioksida (CO2) atau karbonasi, biasanya polimer ini dikombinasikan dengan serat kaca.

DVD, CD, Botol Air Kemasan, Peralatan Laboratorium Sunglass (Kacamata Lensa) dan lain - lain

2

HDPE (High Density Polyethylene)

Bahan plastik yang berwarna putih susu atau putih bersih. Plastik ini fleksibel tapi berkekuatan tinggi serta anti panas.

Pipa plastik, kantung sayur, shopping bag, botol minyak atau detergen dan lain – lain

3

V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Polyvinyl Chloride (PVC) adalah jenis plastik yang memiliki daya tahan yang baik terhadap bahan kimia, tahan cuaca dan materi yang stabil bagi bahan yang berhubungan dengan listrik.

Kemasan minyak goreng, pipa selang air, mainan, taplak meja dari plastik, beberapa jenis kabel, kemasan pembersih jendela dan lain-lain

4

LDPE ( Low Density Polyethylene)

Low Density Polyethylene (LDPE), merupakan jenis plastik yang fleksibel, kuat dan transparan menjadikannya populer digunakan sebagai aplikasi kemasan yang membutuhkan tutup (seal) untuk suhu panas.

Kantong belanja plastik, tutup plastik, plastik pembungkus daging beku dan binatu dan lain-lain.

5

PP (Polypropylene)

Polypropylene (PP) memiliki daya tahan yang kuat terhadap bahan kimia dan suhu tinggi membuatnya cocok bagi kemasan cairan yang panas. PP dapat ditemukan pada material yang fleksibel, kokoh untuk kemasan serat sintetis dan produk-produk rumah tangga.

Botol kecap, kemasan mentega, botol obat dan lain-lain.

6

PS (Polystyrene)

Polystyrene (PS) adalah plastik serba guna yang bisa ditemukan dalam bentuk kaku (rigid) maupun busa (foamed). Jenis plastik berbahan jernih, keras dan rapuh. memiliki daya tahan yang rendah terhadap suhu tinggi, serta bersifat berubah bentuk dan berbunyi.

CD, sendok, garpy, gelas, tempat makan styrofoam, tempat makan plastik transparan dan lain-lain.

7

Other

Other mewakili jenis plastik yang tidak termasuk dalam kode nomor 1-6. Bisa juga materi plastik yang digunakan dalam kategori ini terbuat lebih dari satu materiplastik yang tercantumkan dalam enam kode sebelumnya atau digunakan dengan kombinasi lapisan yang bertumpuk (multi-layer combination). Termasuk di dalam kategori Other ini adalah PC atau Polycarbonat.

Botol susu bayi, galon air mineral, kemasan jus, dan lain-lain.







Referensi :
1. Mengenal Jenis Plastik Dan Macam Plastik | Jual Mesin Pengemas | Mesin Packing Kemasan Produk

2. Kode pada Kemasan Plastik in Health Articles and Tips - We Love This | SendokGarpu.com

3. milicent

0 komentar:

Posting Komentar